Implementasi Metode K-Nearest Neighbor Untuk Prediksi Penjualan Produk Terlaris Pada Toko Indah Jaya
Abstract
Toko Indah Jaya merupakan toko yang menyediakan aneka macam camilan di daerah Kendal, Jawa Tengah. Untuk mempermudah toko dalam penyediaan stok barang maka diperlukan sebuah prediksi berdasarkan data-data penjualan terdahulu. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prediksi penjualan makanan kering paling laris di Toko Indah Jaya menggunakan metode K-Nearest Neighbor. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan merupakan data penjualan makanan kering selama 2 tahun dari tahun 2021-2022 dengan total penjualan sebanyak 14689 produk makanaan kering, dengan teknik pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan studi literatur yang terkait dengan topik penelitian. Untuk memprediksi penjualan yang akan datang digunakan rumus Euclidean Distance, dengan nilai k=3 menggunakan aplikasi RapidMiner didapatkan hasil prediksi terlaris untuk 6 bulan kedepan yaitu rambak kerbau dengan total penjualan sebanyak 585 pcs. Hasil algoritma yang diperoleh dari nilai RMSE untuk produk makanan kering dengan nilai yang paling mendekati nol adalah bolu kering dengan nilai 2,869. Dapat disimpulkan bahwa makanan yang paling laris adalah rambak sapi dan bolu kering memiliki nilai RMSE terkecil, yang berarti memiliki hasil prediksi yang mendekati dengan nilai yang sebenarnya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.