Perancangan Komik Strip Sebagai Edukasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Bagi Remaja
Keywords:
Perancangan, Komik Strip, Edukasi, Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, RemajaAbstract
Abstrak
Generasi muda merupakan salah satu penerus bangsa dalam melanjutkan pembangunan suatu negara. Namun, proses tersebut akan terhambat jika generasi muda sudah dirusak akibat pengaruh penyalahgunaan narkoba. Hal tersebut diakrenakan masa remaja merupakan masa transisi dan kritis bagi perkembangan anak. Oleh sebab itu, diperlukannya upaya yang lebih dari pihak akademisi desain untuk membantu dalam mengatasi permasalahan tersebut melalui media visual desain berbentuk komik strip. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana cara merancang media edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba melalui komik strip?. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis 5W + 1H. Hasil penelitian ini berupa bentuk karya komik strip edukasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang berbentuk kartunal.
Abstract
The younger generation is one of the nation's successors in continuing the development of a country. However, this process will be hampered if the younger generation has been damaged by the influence of drug abuse. This is because adolescence is a transitional and critical period for child development. Therefore, more effort is needed on the part of design academics to assist in overcoming these problems through the visual medium of design in the form of comic strips. The formulation of the problem in this research is how to design educational media on the dangers of drug abuse through comic strips? This research method uses a qualitative approach and 5W + 1H analysis. The results of this study are in the form of educational comic strips on the dangers of drug abuse in the form of cartoons.
Keywords: Design, Comic Strip, Education, Dangers of Drug Abuse, Teenagers
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Teknik Informatika dan Desain Komunikasi Visual

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.